Search here and hit enter....

Yuk Mengenal Bahan Masker Kain Nonmedis untuk Penggunaan Sehari-hari

Semenjak pandemic Corona mewabah ke seluruh penjuru negeri, penjagaan kesehatan semakin ketat. Pemerintah menetapkan protokol kesehatan yang wajib dipatuhi oleh semua warga. Diantaranya mencuci tangan dan menggunakan masker, untuk mengurangi penularan virus Covid 19. Para medis menghimbau penggunaan masker berbahan kain sebagai proteksi yang bisa dilakukan. Lalu jenis Masker kain seperti apa? Simak ulasannya.

Himbauan Menggunakan Masker untuk Kesehatan
Belum ada kepastian kapan pandemi Corona akan berakhir, sehingga masyarakat bisa kembali beraktivitas. Selama menunggu dinyatakan bebas Covid 19 oleh WHO, pemerintah memberlakukan protokol kesehatan. Bersama para medis protokol tersebut dirancang untuk mengurangi penularan virus Covid 19. Mengingat virus cepat berkembang melalui udara dan pernapasan jika salah satunya terdeteksi positif Covid 19.

Salah satu bentuk pencegahannya ialah memakai masker saat berada di luar rumah. Jenis masker bedah dinilai dapat menyaring 60-65 persen partikel, sehingga kemungkinan virus yang masuk kecil. Maka dari itu pembuatan masker nonmedis harus menyamai efektivitas bahan yang digunakan oleh masker bedah. Masker kain dengan menggunakan dua lapis kain 600 thread count atau flannel piyama. Dinilai manfaatnya sejajar dengan bahan yang digunakan masker bedah.

Kain 600 thread count termasuk jenis kain yang memiliki kerapatan 600 benang per inci persegi. Jadi kain yang dibuat mempunyai jalinan benang yang tersusun secara vertikal dan horizontal. Biasanya jenis kain ini digunakan untuk alas kasur atau pembuatan sarung bantal dan kaus. Seorang pakar kesehatan dari California menyebutkan, bahwa kain ini bisa menghalangi masuknya partikel di udara. Sehingga ada jaminan partikel pembawa virus sulit masuk rongga pernafasan.

Pernyataan tersebut dibuktikan dengan melakukan uji coba cahaya, untuk melihat efektivitas kain. Caranya pegang kain erat-erat lalu liat cahaya yang masuk, jika tidak tembus berarti bisa menyaring dengan baik. Ditambah kehadiran Masker Fullprint kian menambah popularitas masker nonmedis di pasaran. Tidak hanya bagus untuk kesehatan tetapi warna dan gambar yang menarik, bisa menjadi alasan masker kian digemari.

Ada juga jenis kain scuba yang biasanya digunakan untuk membuat baju-baju diving. Jenis masker nonmedis ini cukup populer di masyarakat, karena kainnya fleksibel dan harganya murah. Ketebalan kain scuba dianggap cocok untuk menyaring partikel udara, sehingga tidak bisa masuk ke saluran pernafasan. Dalam industri fashion kain scuba sendiri biasa  dipakai untuk membuat busana, sekaligus bisa dibentuk masker dengan berbagai model dan warna.

Kemudian jenis kain yang mempunyai filter HEPA, yang bisa menyedot debu dengan sangat baik. Namun ada baiknya anda memilih masker yang nyaman digunakan dan sesuai kebutuhan. Pilih masker dengan tingkat kerapatan senggang jadi tidak kesulitan saat bernafas. Jenis masker fullprint bisa menjadi pilihan untuk membuat masker secara custom.

Selain itu kehadiran teknologi fullprint bisa menciptakan masker dengan beragam keunikan. Mengandalkan daya kreativitas sehingga bisa diterima dengan baik di masyarakat. Tidak hanya digunakan saat pandemi Corona, setelahnya pun bisa dipakai untuk sehari-hari. Anda bisa menyesuaikan bentuk dan gambar masker sesuai keinginan. Selain itu harga pembuatannya tidak mahal, tergantung dari tingkat kerumitan.

Sebenarnya masker tidak hanya digunakan saat pandemi Corona berlangsung. Di kegiatan sehari-hari bisa dipakai untuk menyaring partikel berbahaya masuk ke tubuh. Dampaknya bisa menyerang saluran pernapasan hingga organ vital tubuh. Pilih jenis masker berbahan kain dengan kerapatan senggang, sehingga masih bisa bernafas di dalamnya. Jika anda tidak keberatan bisa memesan masker custom sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.
BERIKAN KOMENTAR ()